Kategori
GANDA
1. Perlengkapan
bertanding
1.1. Pakaian :
Pakaian Pencak Silat
model standar warna
bebas dan polos ( celana dan baju boleh dengan warna yang sama atau berbeda ).
Memakai ikat kepala dan kain samping warna polos atau bercorak. Pilihan dan
kombinasi warna diserahkan kepada peserta.
Warna pakaian, corak ikat kepala / kain samping kedua pesilat kategori
Ganda boleh sama atau berbeda.
Boleh memakai
lambang badge lambang badan induk di dada sebelah kiri serta diperkenankan
mamakai badge IPSI di dada kanan, bendera Negara di lengan kiri. Nama Negara di
belakang baju.
1.2. Senjata :
1.2.1.
Jenis,
ukuran dan jumlah senjata sama dengan kategori Tunggal (golok/parang dan toya)
dan wajib ditambah dengan salah satu senjata pilihan Keris, Pisau, Clurit dan
Trisula yang penggunaan senjata wajib
dan senjata pilihan diberikan kebebasan dalam urutan pengunaanya.
1.2.2.
Penggunaan
senjata pilihan boleh menggunakan satu atau dua senjata dalam satu jenis (keris
kembar, pisau kembar, trisula kembar dan
clurit kembar). Teknik penggunaan dan jenis senjata pilihan bebas
menurut aliran masing-masing.
1.2.3. Pesilat bebas untuk :
a. Menggunakan jurus tangan kosong
b. Salah satu pesilat bersenjata, yang satu
tangan kosong atau kedua pesilat menggunakan senjata.
c. Berganti senjata dalam peragaan / senjata
beralih tangan
d. Melepaskan/menjatuhkan senjata sesuai dengan
deskripsi peragaan.
2. Tahapan
pertandingan
2.1. Bila pertandingan diikuti oleh lebih dari 7 (
Tujuh ) peserta maka dipergunakan sistem pool.
2.2. Tiga peraih nilai tertinggi dari setiap pool
ditampilkan kembali untuk mendapatkan penilaian ditahap berikutnya, kecuali
tahap pertandingan berikutnya adalah babak final.
Peserta tingkat final adalah 3 ( tiga )
pemenang menurut urutan perolehan nilai dari tahapan pool pertandingan
sebelumnya.
2.3. Jumlah pool ditetapkan oleh rapat antara
Delegasi Teknik, Ketua Pertandingan dan Dewan Juri serta disampaikan kepada peserta dalam Rapat
Teknik.
2.4.
Pembagian pool peserta dilakukan melalui
undian dalam Rapat Teknik.
2.5. Setiap kategori ganda,
minimal harus diikuti oleh 2 (dua)
peserta, dan langsung babak Final.
3.
Waktu Pertandingan
Waktu penampilan adalah 3 ( tiga ) menit
2. Tata cara
pertandingan
4.1. Pelaksanaan pertandingan didahului dengan
masuknya para Juri dari sebelah kanan Ketua Pertandingan dan setelah memberi
hormat serta menyampaikan laporan tentang akan dimulainya tugas penjurian
kepada Ketua Pertandingan, para Juri mengambil tempat yang telah ditentukan.
4.2.
Senjata yang akan dipergunakan sudah diperiksa dan disahkan oleh Ketua
Pertandingan, kemudian diletakkan pada standar yang disediakan oleh Panitia
Penyelenggara.
4.3.
Pakaian
yang akan digunakan sudah diperiksa dan di sahkan oleh ketua pertandingan
sebelum memasuki gelanggang.
4.4.
Pesilat
yang akan melakukan peragaan, memasuki gelanggang dari sebelah kiri Ketua
Pertandingan, berjalan menurut adab yang ditentukan, menuju ke titik tengah
gelanggang.
4.4.1. Penempatan tempat
senjata diletakan di dalam gelanggang.
4.4.2.
Memberi
hormat kepada Ketua Pertandingan dan selanjutnya berbalik untuk memberi hormat
kepada Juri.
4.5. Sebelum peragaan dimulai Ketua Pertandingan
memberi isyarat kepada para Juri, Pengamat Waktu dan Aparat Pertandingan
lainnya agar bersiap untuk memulai tugas.
4.6. Setelah selesainya pembukaan salam PESILAT,
gong tanda waktu dimulainya pertandingan dibunyikan, dan peserta pertandingan
langsung melaksanakan peragaan tangan
kosong dilanjutkan dengan bersenjata yang dimulai dari golok dan dilanjutkan
dengan toya.
Berakhirnya waktu yang ditetapkan
ditandai dengan bunyi gong.
4.7. Setelah waktu peragaan berakhir, pesilat
meberi hormat kepada Juri dan Ketua Pertandingan dari titik tengah gelanggang,
dan selanjutnya meninggalkan gelanggang dari sebelah kiri Ketua Pertandingan,
berjalan menurut adab yang telah ditentukan.
4.8. Para Juri kemudian memberikan penilaian
untuk peragaan yang baru saja berlangsung selama 30 (tiga puluh) detik kecuali
dalam menggunakan system penilaian digital.
4.9. Pengamat Waktu mencatat dan menanda tangani
formulir Cacatan Waktu Peragaan Pesilat untuk disahkan oleh Ketua Pertandingan
dan segera diumumkan untuk diketahui oleh Juri yang bertugas.
4.10. Pembantu Gelanggang mengambil formulir hasil
penilaian Juri dan menyerahkan kepada Dewan Juri kecuali penilaian dengan
menggunakan system penilaian digital.
4.11. Setelah selesai perhitungan para Juri,
meninggalkan tempatnya secara tertib menuju Ketua Pertandingan, memberi hormat
dan melaporkan tentang selesainya pelaksanaan tugas. Selanjutnya para Juri
meninggalkan gelanggang dari sebelah kiri Ketua Pertandingan.
5. Ketentuan
bertanding
5.1. Aturan bertanding
5.1.1
Peserta menampilkan kekayaan teknik serang bela Pencak Silat yang dimiliki
selama 3 ( tiga ) menit dengan tangan kosong dan dilanjutkan bersenjata.
Toleransi kelebihan
atau kekurangan waktu adalah 10 ( sepuluh )detik untuk pra remaja dan usia
dini, 5 ( lima ) detik untuk dewasa dan remaja. Bila penampilan lebih dari
batas toleransi waktu yang diberikan akan dikenakan hukuman.
5.1.2
Diperbolehkan bersuara tapi tidak berlebihan.
5.2. Hukuman
5.2.1. Hukuman pengurangan nilai dijatuhkan karena
kesalahan peserta terdiri atas:
a.
Faktor
waktu Peragaan kurang atau lebih dari 3
( tiga )menit.
a.1. Penampilan kurang atau lebih dari 10
(sepuluh) s/d 15 (lima belas) detik dikenakan pengurangan nilai 10 untuk Usia dini dan pra remaja.
Penampilan kurang
atau lebih dari 5 (lima) s/d 15 (lima
belas) detik dikenakan
pengurangan nilai 10 untuk remaja dan dewasa.
a.2. Penampilan kurang atau lebih dari 16 (enam
belas) s/d 30 (tiga puluh) detik dikenakan pengurangan nilai 15.
a.3. Penampilan kurang atau lebih dari diatas 30
(tiga puluh) detik dikenakan pengurangan
nilai 20.
b. Faktor lain-lain
b.1. Pengurangan nilai 5 (lima) dikenakan kepada peserta setiap kali
yang bersangkutan keluar dari gelanggang (10 m X 10 m).
b.2.
Pengurangan nilai 5 (lima) dikenakan
kepada peserta setiap kali yang bersangkutan jatuh senjatanya diluar yang
ditentukan dalam deskripsi.
b.3. Pengurangan nilai 5 (lima) dikenakan kepada
peserta yang senjatanya tidak lepas / tidak jatuh sesuai yang ditentukan dalam
deskripsi.
b.4. Pengurangan nilai 5 (lima) dikenakan kepada peserta setiap kali
yang bersangkutan memperdengarkan suara berlebihan dengan teriakan/vokal.
b.5. Pengurangan nilai 5 (lima) dikenakan kepada
peserta yang dalam penampilannya
didapati senjata yang tidak sepenuhnya menurut ketentuan yang berlaku ; tidak
sempurna atau senjata golok patah, tongkat retak / pecah, golok lepas
dari gagangnya. Adapun Assesories jatuh
tidak dikenakan hukuman pengurangan nilai.
5.2.2. Undur Diri
Pesilat dinyatakan undur diri apabila
setelah 3 ( kali ) pemanggilan oleh Sekretsaris Pertandingan tidak memasuki
gelanggang untuk memperagakan kategori Ganda.
Setiap pemanggilan
dengan tenggang waktu 30 detik.
5.2.3.
Diskualifikasi
5.2.3.1. Pesilat
yang memakai pakaian dan atau senjata yang
menyimpang dari ketentuan pertandingan dinyatakan diskualifikasi.
5.2.3.2. Tidak dapat menunjukan
surat keterangan sehat sebelum bertanding.
6. Penilaian
6.1.
Penilaian terdiri atas :
6.1.1. Nilai Teknik serang bela
Nilai teknik serang
bela tangan kosong maupun bersenjata mencakup penggunaan berbagai bentuk teknik
serang bela dengan tangan dan kaki, seperti : pukulan, tendangan, sapuan,
jatuhan, tangkisan, hindaran / elakan, tangkapan, kuncian dan lainnya.
Sasaran penilaian
ditujukan kepada faktor:
a.
Kualitas
teknik serang bela baik tangan kosong maupun bersenjata
b.
Kekayaan
bentuk teknik serang bela baik tangan kosong maupun bersenjata.
c.
Ketrampilan
dan kreativitas teknik serang bela
d.
Logika
pelaksanaan teknik serang bela
Pemberian
nilai diantara 50 (lima puluh) s/d 80 (delapan puluh) angka yang dinilai secara
terpadu / total diantara keempat unsur nilai teknik.
6.1.2. Nilai Kemantapan :
Nilai kemantapan
terdiri atas faktor kemantapan, kekompakan, keberanian kedua pesilat dalam
penampilannya.
Sasaran penilaian
ditujukan kepada faktor :
a. Kemantapan dan
ketegasan gerak
b. Kekompakan /
soliditas kedua pesilat
c. Keberanian
memainkan senjata
d. Tenaga dan
stamina
Pemberian nilai antara 50 (
lima puluh ) s/d 60 (
enam puluh ) angka yang dinilai secara
total / terpadu diantara keempat unsur Kemantapan
6.1.3. Nilai penghayatan yang mencakup faktor :
a. Keserasian ekspresi penghayatan gerakan
b. Keserasian irama gerakan
Pemberian nilai
antara 50 ( lima puluh ) s/d 60
(enam puluh) angka yang dinilai
secara total / terpadu diantara kedua unsur penghayatan.
7. Penentuan
dan pengumuman pemenang
7.1. Pemenang adalah peserta yang mendapat nilai
tertinggi untuk penampilannya
7.2. Bila terdapat nilai yang sama, pemenangnya
adalah peserta dengan jumlah Nilai tertinggi untuk unsur teknik serang bela.
7.3. Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya
adalah peserta dengan jumlah nilai tertinggi untuk unsur kemantapan /
kekompakan / keberanian.
7.4. Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya
adalah peserta dengan jumlah nilai tertinggi untuk unsur penghayatan .
7.5.
Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya
adalah peserta dengan Waktu lebih atau kurang yang terkecil mendekati kepada
ketepatan waktu 3 (tiga) menit.
7.6. Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya
adalah peserta dengan jumlah nilai hukuman terkecil.
7.7. Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya akan
diundi oleh Ketua Pertandingan disaksikan oleh Delegasi Teknik, Dewan Juri dan
Tim Manejer pesilat bersangkutan.
7.8. Pengumuman nilai perolehan peserta setiap
kategori disampaikan setelah para Juri menyelesaikan tugasnya menilai seluruh
peserta pada setiap kategori Ganda kecuali dengan menggunakan system penilaian
digital.
Pasal 12
Kategori
REGU
1. Perlengkapan
bertanding
1.1. Pakaian :
Pakaian Pencak Silat
model standar, warna HITAM dengan sabuk / bengkung warna putih lebar 10 Cm yang
dipakai tanpa disimpul dan juga tidak terurai serta tanpa aksesoris.
Boleh memakai
lambang badge lambang badan induk di dada sebelah kiri serta diperkenankan
mamakai badge IPSI di dada kanan, bendera Negara di lengan kiri. Nama Negara di
belakang baju.
2. Tahapan pertandingan
2.1. Bila pertandingan diikuti oleh lebih dari 7 (
Tujuh ) peserta maka dipergunakan sistem pool.
2.2. Tiga peraih nilai tertinggi dari setiap pool
ditampilkan kembali untuk mendapatkan penilaian ditahap berikutnya, kecuali
tahap pertandingan berikutnya adalah babak final.
Peserta tingkat
final adalah 3 ( tiga ) pemenang menurut urutan perolehan nilai dari tahapan
pool pertandingan sebelumnya.
2.3. Jumlah pool ditetapkan oleh rapat antara
Delegasi Teknik, Ketua Pertandingan dan Dewan Juri serta disampaikan kepada peserta dalam Rapat
Teknik.
2.4.
Pembagian pool peserta dilakukan melalui
undian dalam Rapat Teknik.
2.5. Setiap kategori regu,
minimal harus diikuti oleh 2 (dua)
peserta, dan langsung babak Final.
3. Waktu pertandingan
Waktu penampilan
adalah 3 ( tiga ) menit
4. Tata cara pertandingan
4.1. Pelaksanaan pertandingan didahului dengan
masuknya para Juri dari sebelah kanan Ketua Pertandingan dan setelah memberi
hormat serta menyampaikan laporan tentang akan dimulainya tugas penjurian
kepada Ketua Pertandingan, para Juri mengambil tempat yang telah ditentukan.
4.2.
Senjata yang akan dipergunakan sudah diperiksa dan disahkan oleh Ketua
Pertandingan, kemudian diletakkan pada standar yang disediakan oleh Panitia
Penyelenggara.
4.3.
Pakaian
yang akan digunakan sudah diperiksa dan di sahkan oleh ketua pertandingan
sebelum memasuki gelanggang.
4.4.
Pesilat
yang akan melakukan peragaan, memasuki gelanggang dari sebelah kiri Ketua
Pertandingan, berjalan menurut adab yang ditentukan, menuju ke titik tengah
gelanggang.
4.4.1. Penempatan tempat
senjata diletakan di dalam gelanggang.
4.4.2.
Memberi
hormat kepada Ketua Pertandingan dan selanjutnya berbalik untuk memberi hormat
kepada Juri.
4.5.
Sebelum
peragaan dimulai Ketua Pertandingan memberi isyarat kepada para Juri, Pengamat
Waktu dan Aparat Pertandingan lainnya agar bersiap untuk memulai tugas.
4.6. Setelah selesainya pembukaan salam PESILAT,
gong tanda waktu dimulainya pertandingan dibunyikan, dan peserta pertandingan
langsung melaksanakan peragaan tangan
kosong dilanjutkan dengan bersenjata yang dimulai dari golok dan dilanjutkan
dengan toya.
Berakhirnya waktu yang ditetapkan ditandai
dengan bunyi gong.
4.7. Setelah waktu peragaan berakhir, pesilat
meberi hormat kepada Juri dan Ketua Pertandingan dari titik tengah gelanggang,
dan selanjutnya meninggalkan gelanggang dari sebelah kiri Ketua Pertandingan,
berjalan menurut adab yang telah ditentukan.
4.8. Para Juri kemudian memberikan penilaian
untuk peragaan yang baru saja berlangsung selama 30 (tiga puluh) detik kecuali
dalam menggunakan system penilaian digital.
4.9. Pengamat Waktu mencatat dan menanda tangani
formulir Cacatan Waktu Peragaan Pesilat untuk disahkan oleh Ketua Pertandingan
dan segera diumumkan untuk diketahui oleh Juri yang bertugas.
4.10. Pembantu Gelanggang mengambil formulir hasil
penilaian Juri dan menyerahkan kepada Dewan Juri kecuali penilaian dengan
menggunakan system penilaian digital.
4.11. Setelah selesai perhitungan para Juri,
meninggalkan tempatnya secara tertib menuju Ketua Pertandingan, memberi hormat
dan melaporkan tentang selesainya pelaksanaan tugas. Selanjutnya para Juri
meninggalkan gelanggang dari sebelah kiri Ketua Pertandingan.
5. Ketentuan bertanding
5.1. Aturan bertanding
5.1.1. Peserta menampilkan Jurus Wajib Regu selama 3 ( tiga ) menit.
Toleransi kelebihan
atau kekurangan waktu adalah 10 ( sepuluh ) detik untuk usia dini dan pra
remaja, 5 detik untuk dewasa. Bila penampihan lebih dari batas toleransi waktu
yang diberikan akan dikenakan hukuman.
5.1.2. Jurus Wajib Regu diperagakan menurut urutan gerak dan
kebenaran teknik jurus, kekompakan irama gerakan, kemantapan dan
penjiwaaan yang ditetapkan untuk jurus
ini.
5.1.3. Diperbolehkan bersuara
5.2. Hukuman
5.2.1. Hukuman pengurangan nilai dijatuhkan kepada
peserta karena kesalahan terdiri atas :
a. Faktor kesalahan dalam jurus dan rincian gerakan
a.1. Pengurangan nilai 1 ( satu ) dikenakan kepada
peserta setiap kali yang bersangkutan melakukan gerakan yang salah, yaitu :
a.1.1. Kesalahan
dalam rincian gerak
a.1.2. Kesalahan urutan rincian gerak
a.2. Pengurangan nilai 1 ( satu ) dikenakan kepada
peserta untuk setiap gerakan yang tertinggal ( tidak ditampilkan )
a.3. Pengurangan nilai 1 ( satu ) dikenakan kepada
peserta setiap kali yang bersangkutan menampilkan gerakan tidak kompak diantara
peserta.
a.4. Hukuman Diskualifikasi diberikan kepada
Pesilat yang tidak menampilkan salah satu Jurus dan atau memperagakan urutan
jurus yang salah.
b. Faktor Waktu
Sama dengan
peraturan untuk kategori Tunggal
b.1. Peragaan kurang atau lebih dari 3 (tiga) menit
b.1.1. Penampilan kurang atau lebih dari 10 (sepuluh)
s/d 15 (lima belas) detik dikenakan pengurangan nilai 10 untuk Usia Dini dan pra Remaja.
Penampilan kurang
atau lebih dari 5 (lima) s/d 15 (lima
belas) detik dikenakan
pengurangan nilai 10 untuk Remaja, Dewasa dan Pendekar.
b.1.2. Penampilan kurang atau lebih dari 16 (enam
belas) s/d 30 (tiga puluh) detik
dikenakan pengurangan nilai 15.
b.1.3. Penampilan kurang atau lebih dari diatas 30
(tiga puluh) detik dikenakan pengurangan
nilai 20.
c. Faktor lain-lain
c.1. Pengurangan nilai 5 ( lima ) dikenakan kepada peserta setiap
kali yang bersangkutan keluar dari gelanggang ( 10 m X 10 m )
c.3. Pengurangan nilai 5 ( lima ) dikenakan kepada
peserta yang memakai pakaian yang tidak
sepenuhnya menurut ketentuan yang berlaku.
5.2.2. Undur Diri
Pesilat dinyatakan
undur diri apabila setelah 3 ( kali ) pemanggilan oleh Sekretsaris Pertandingan
tidak memasuki gelanggang untuk memperagakan kategori Regu.
Setiap pemanggilan
dengan tenggang waktu 30 detik.
5.2.3. Diskualifikasi
a. Penilaian terhadap peserta menjadi batal,
bila setalah berakhirnya penampilan didapati bahwa ada jurus yang tidak
diperagakan oleh peserta. Dalam hal ini peserta dikenakan hukuman
diskualifikasi.
c. Pesilat yang memakai
pakaian yang menyimpang dari ketentuan
pertandingan dinyatakan diskualifikasi
d. Tidak dapat menunjukan surat keterangan sehat sebelum bertanding.
6. Penilaian
6.1. Penilaian terdiri atas :
6.1.1. Nilai Kebenaran yang mencakup unsur :
a. Kebenaran gerakan dalam setiap jurus
b. Kebenaran urutan gerakan
c. Kebenaran urutan jurus
Nilai diperhitungkan dari jumlah
gerakan Jurus Wajib Regu ( 100 gerakan ) dikurangi nilai kesalahan.
6.1.2.
Nilai kekompakan, kemantapan dan soliditas yang mencakup unsur :
a. Kekompakan, kemantapan dan soliditas gerakan
b. Keserasian irama gerak
c. Kesamaan penghayatan gerak
d. Tenaga dan stamina
Pemberian nilai
antara 50 ( lima puluh ) s/d 60 (
enam puluh ) angka yang dinilai secara
total / terpadu diantara keempat unsur kekompakan, kemantapan dan soliditas.
7. Penentuan
dan pengumuman pemenang
7.1. Pemenang adalah peserta yang mendapat nilai
tertinggi untuk penampilannya.
7.2. Bila terdapat nilai yang sama, pemenangnya
adalah peserta dengan jumlah Nilai Kebenaran tertinggi.
7.3. Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya
adalah peserta dengan jumlah nilai kekompakan, kemantapan dan solidaritas
tertinggi.
7.4.
Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya adalah peserta dengan Waktu peragaan
lebih atau kurang yang terkecil mendekati kepada ketepatan waktu 3 ( tiga )
menit.
7.5. Bila nilai masih tetapsama, pemenangnya adalah
peserta dengan jumlah nilai hukuman
terkecil.
7.6. Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya akan
diundi oleh Ketua Pertandingan disaksikan oleh Delegasi Teknik, Dewan Juri dan
Tim Manejer pesilat bersangkutan.
7.7. Pengumuman nilai perolehan peserta setiap
kategori disampaikan setelah para Juri menyelesaikan tugasnya menilai seluruh
peserta pada setiap kategori Jurus Wajib Regu. Kecuali dengan menggunakan
system penilaian digital
sumber : http://ppsterataisuci.blogspot.co.id/
No comments:
Post a Comment
Jika anda ingin berkomentar , berkomentarlah dengan bahasa yang sopan tidak diperkenankan dengan bahasa kasar dan jika saya ada kesalahan pada blog tolong sampaikan