Monday, November 23, 2015

KETAPAK SUCIAN



Tapak Suci merupakan badan otonom dalam Muhammadiyah. Tapak Suci didirikan pada tanggal 9 Rabi’ul Awwal 1383 H/1 Juli 1963 M, di kota Yogyakarta, tepatnya di Kampung Kauman, oleh aktifis Pemuda Muhammadiyah, terutama Mohammad Barie Irsyad. Nama resminya adalah Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Keilmuan Tapak Suci bersumber dari bela diri pencak silat aliran Banjaran, yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Perintis keilmuan Tapak Suci adalah K.H. Busyro Syuhada’, yang mendirikan Perguruan Silat Cikauman pada tahun 1925, dalam bentuk sebuah pesantren. Mohammad Barie Irsyad, merupakan salah seorang santri Pesantren Cikauman yang diasuh oleh K.H. Busyro Syuhada’.

Struktur organisasi Tapak Suci:

Pimpinan Cabang = di tingkat tempat latihan
Pimpinan Daerah = di tingkat Dati II/Kabupaten/Kotamadya
Pimpinan Wilayah = di tingkat Dati I/Propinsi
Pimpinan Pusat = di tingkat Nasional

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Perguruan Tapak Suci pada saat ini adalah Mayjen. Purn Muchdi PR., sedangkan Ketua Umum Pimpinan Wilayah (Pimwil/PW) Jawa Timur adalah Drs. Ruba’i, adapun Ketua Umum Pimpinan Daerah (Pimda/PD) Surabaya adalah Ir. Sudarisman.DLL.

No comments:

Post a Comment

Jika anda ingin berkomentar , berkomentarlah dengan bahasa yang sopan tidak diperkenankan dengan bahasa kasar dan jika saya ada kesalahan pada blog tolong sampaikan